Majalah Berita - Langkah Merampas Konsumen setia dari Pesaing dengan Menawan, Kompetisi usaha bukanlah hal baru dalam usaha, terhitung masalah merampas hati konsumen setia. Keringanan dalam memperoleh suplai barang membuat makin banyak penjual barang yang serupa. Harga yang dijajakan juga berkompetisi.
Sukotjo dalam Majalah Ilmiah Ekonomika Volume 13 Nomor 4, Usaha Untuk Jadi ‘The Real Pasar Leader' menulis, kesuksesan menarik konsumen setia dari kompetiror menjadi satu diantara ciri-ciri pimpinan pasar. Ini sebagai salah satunya kemenangan dan tingkat kesuksesan paling tinggi dalam sebuah usaha.
Bila kamu jadi pasar leader, maknanya kamu memimpin pasar dan kompetitormu BossQ. Supremasi ini sebagai ukuran kemampuan sebuah merk.
Langkah Merampas Konsumen setia dari Pesaing dengan Menawan
Nach, bagaimana sich triknya menarik konsumen setia pesaing dengan menawan? Minimal, ada lima langkah terbaik yang dapat kamu kerjakan untuk merampas hati konsumen setia kompetitor yang Qasir kumpulkan dari beragam sumber. Berikut ke-5 cara tersebut:
1. Service terbaik
Pegiat dan konselor service Cylatamia Irawan, seperti dikutip Detik menjelaskan, kunci khusus untuk merampas konsumen setia dari kompetitor ialah memberinya servis terbaik pada customer supaya mereka jadi konsumen setia.
"Belajar dari usaha yang telah besar. Mereka rupanya memusatkan servis yang bagus pada customer-nya. Itu yang membandingkan dengan perusahaan atau usaha yang lain sama," kata wanita yang dekat dipanggil Mia itu, Bandung, seperti dikutip Detik.
Bila kamu menduga promo ialah kuncinya, coba dipikir ulang kembali.
Mia menyebutkan, promo besar bukan agunan jumlahnya customer tiba ke lapakmu berulang-ulang. Promo, lanjut ia, cuman mengundang customer tiba untuk pertama kalinya.
"Seterusnya konsumen akan lakukan penilaian. Jika servicenya tidak baik, ya mereka akan pergi cari lain tempat . Maka promo sangat besar akan sia-sia tanpa servis yang bagus," tutur Mia.
Oleh karenanya, kamu harus perlakukan customer sebagai raja.
Walau ini pernyataan kuno, tetapi usaha ini selalu sukses ambil hati customer. Customer akan masih tetap kembali ke lapakmu walau harga yang kamu pacak semakin tinggi dari kompetitormu.
Mia menyebutkan ada tujuh servis bites yang perlu disanggupi. Diantaranya, akses, kapabilitas, keramahtamahan, responsive, kecepatan dan keamanan.
Akses misalkan, ruang usaha akan ditinggal bila susah dicapai oleh customer, ini berlaku untuk online shop ya Usahawan.
Kamu harus gerak cepat untuk membalasnya chat dari calon customer.
Sementara, untuk kapabilitas, kamu harus tahu informasi masalah produk yang kamu jual dan bisa menerangkannya ke calon customer.
Kamu juga harus ramah dalam memberi respon customer BossQ. Terhitung dalam menyikapi protes atau keluh kesah dari konsumen setia.
Sama seperti yang dirasakan oleh Ika, pegawai swasta di Kedoya Utara, Jakarta Barat.
Pada Januari 2021 lalu, ia ketidaktahuan memutuskan untuk beli minyak wangi dari toko A atau B. Harga minyak wangi di toko A tambah murah dan tokonya lebih terkenal di sosial media. Sementara toko B tawarkan minyak wangi yang serupa pada harga tambah mahal 10 %.
"Toko B ini ucapnya rivalnya toko A. Tetapi pada akhirannya saya tentukan toko A karena ia semakin banyak ada di sosial media," kata Ika ke Qasir, Sabtu (20/3/2021).
Saat sebelum membeli, ia telah pastikan tersedianya minyak wangi yang diartikan. Penjual juga menjelaskan, stok masih tetap ada. Sesudah transaksi bisnis dituntaskan, satu hari selanjutnya toko A memverifikasi minyak wangi itu habis dan tawarkan untuk ditukar dengan minyak wangi merk lain.
"Karena yang saya incar minyak wangi itu ya saya tidak ingin ditukar merk lain. Sejak dari awalnya kan saya telah bertanya dan disebut ada. Kemudian transaksi bisnis langsung saya tuntaskan. Tetapi selanjutnya disebutkan habis barangnya. Cocok saya sampaikan kembalikan, chat saya tidak juga dibalas sepanjang dua hari. Saya protes lewat Instagram, tetapi account saya diblock sama toko itu, bukanlah dituntaskan," papar Ika.
Hingga kemudian, ia memperoleh pengembalian uang. Ia selanjutnya beli minyak wangi di toko B. Menurutnya, servis di toko B lebih ramah dan amanah. Hingga saat ini, ia pilih abonemen di toko B.
2. Promo
Tetapi, promo harus juga kamu pikirkan untuk cara ke-2 . Kadang-kadang turut dalam program berkaitan berbelanja, misalnya Midnight Sale.
Kamu dapat memberinya potongan harga, baik diskon pada pembelian pertama atau ke-2 . Juga bisa memberinya potongan harga bila pembelian capai jumlah tertentu.
Juga bisa dengan memberinya bonus untuk pembelian tertentu. Misalkan jika kompetitormu jual produk pada harga yang tambah murah, karena itu dapat ditantang dengan tawarkan "membeli 2 gratis 1".
3. Buat produk yang lain
Pengembangan penting. Dengan membuat produk yang unik dan tidak ada di pasar AGEN GAME SLOT ONLINE , karena itu produkmu mempunyai nilai plus di mata customer. Produk yang unik dengan keunikan tertentu, mempunyai daya magnet tertentu untuk beberapa customer. Mereka akan semakin mengenal produkmu
4. Optimalkan media sosialmu
Gunakan sosial media untuk merinteraksi atau sekadar menegur konsumen setiamu. Anekaragamkan content sampai tipe hubungan, hingga mereka tidak dapat memperoleh info komplet mengenai produkmu.
5. Dalami keunggulan dan kekurangan kompetitor
Dengan ketahui keunggulan dan kekurangan kompetitor, kamu dapat tentukan cara yang perlu diambil. Contoh, kelebihan kompetitormu ialah kualitas barang dan kekurangannya berada di service.
Untuk ambil hati customernya, kamu dapat meningkatkan layananmu, dimulai dari langkah berbicara sampai pengepakan dan pengangkutan.
Tidak boleh Turut Kecolongan
Tetapi, kamu janganlah sampai kecolongan lho BossQ. Kamu juga harus sanggup menjaga konsumen setiamu supaya tidak berpindah ke pesaing.